Waigeo Kepulauan Raja Ampat Menjadi Salah Satu Titik Keindahan Dunia


Kepulauan Raja Amoat merupakan gugusan pulau yang terletak di sisi barat provinsi Papua Barat, di sekitar wilayah Kepala Burung. Kepulauan ini terdiri dari 610 pulau dengan empat pulau utama, yaitu pulau Salawati, Batanta, Misool, dan Waigeo.

Nama Raja Ampat berasal dari empat kerajaan tradisional yang pernah berdiri di kepulauan ini, yaitu Kerajaan Waigeo, Salawati, Saiololof, dan Misol, dengan bentuknya berupa kepulauan satu-satunya transportasi untuk menghubungkan antarwilayah di kawasan ini adalah menggunakan kapal.

Karena luas kawasan ini mencapai 46.296 km, maka untuk mengelilinginya bisa memakan waktu hingga dua minggu. Tempat ini menjadi kawasan yang mmepunyai keanekaragaman hayati bawah laut terkaya di dunia, dengan jumlah spesies tak kurang dari 537 spesies terumbu karang, 1397 spesies ikan, dan 700 jenis moluska.

Untuk melindungi kekayaan alam tersebut beberapa lokasi di kepulauan ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi. Untuk menju kepulauan Raja Ampat biasanya para wisatawan menyewa perahu motor.

Namun, karena harga sewa perahu yang relatif lebih tinggi dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia (karena tingginya harga BBM di Papua) biasanya wisatawan pergi dalam rombongan agak besar yang berjumlah antara 10-20 orang. Ada salah satu pantai di kepualaun Raja Ampat yang tidak kalah inda dengan pantai-pantai lain yaitu Pantai Waiwo.

Perjalanan menuju pantai waiwo melalui darat adalah perjalanan yang sangat memuaskan karena para wisatwan yang datang akan disuguhkan dengan panorama yang bergunung-gunung karena di sisi kiri dan di sisi kanan terdapat banyak pepohonan yang rimbun.

Untuk dapat masuk ke dalam pantai Waiwo para wisatwan harus bisa melewati kawasan Waiwo Dive Resort sesuai dengan namanya kawasan ini merupakan salah satu resort penyelaman tersedia di Raja Ampat. Setelah melewati halamna resort yang bentuknya menyerupai hutan-hutan kecil, akhirnya para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pantai Waiwo.

Di pantai tersebut terdapat atraksi utama yaitu snorkeling sambil menikmati pemandangan terumbu karang dan gerombolan ikan hias. Di pantai ini selain panorama yang indah juga pelayanan yang diberikan bagi para wisatawan yang datang sangat memuaskan.

0 Response to "Waigeo Kepulauan Raja Ampat Menjadi Salah Satu Titik Keindahan Dunia"

Post a Comment