Wisata Alami Di Pulau Kangean


Pergi ke tempat yang belum dikenal sebagai tempat wisata dan hampir tidak memiliki penaduan kuat akibat minimnya informasi dan internet tidak ada cara lain selain menerapkan konsep Trial and Error. Semua titik didatangi dan dari semua itu pilih likasi yang lumayan bagus hingga yang sangat bagus.

Coret tempat yang tidak bagus atau tandai tempat yang bagus bagi kelompok tertentu yang barangkali tidak disukai kelompok lain. Kepulauan Kangean merupakan pulau yang berada di bagian utara Bali. Sebelah timur Madura dan secara administratif masuk dalam Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur.

Terdiri atas lebih dari 60 pulau kecil dengan luas total 487 kilometer persegi. Pulau Kangean adalah pulau terbesarnya seluas 188 kilometer persegi. Butuh sembilan hingga sepuluh jam untuk menyebrang dari KAlianget MAdura ke Pelabuhan Batugulung di bagian paling barat Pulau Kangean, menggunakan feri penumpang.

Feri yang tersedia hanya tiga yakni Sumekar I dan Sumekar II yang beroperasi dua hari sekali serta Perintis yang datang sekali sepekan. Kepuluan Kangean terbagi menjadi tiga kecamatan, yakni Arjasa di Kangean Barat dan Kangayan di Kangean Timur, serta Kecamatan Sapeken yang melingkupi pulau-pulau kecil di Timur Pulau Kangean.

Walau masih termasuk ke dalam kabupaten Sumenep, ternyata bahasa Kangean berbeda dengan bahasa Madura. Misalnya, kata berapa dalam bahasa Madura disebut barenpa sedangkan bahasa Kangean disebut sarapa. Meskipun begitu, kuping Jakarta pasti tidak bisa membedakan karena dialek keduanya mirip.

Besarnya pendatang asal Bugis. Mandar, dan Bajo yang sudah beranak pinak bisa jadi penyumbang budaya bahasa di sini. Dari ujung barat, kami menempuh jalan darat ke ujung timur Pulau Kangean. Melewati hutan jati milik Perum Perhutani Unit II Jawa Timur serta kebun jagung, kebung sayur dan sawah milik masyarakat.

Juga yang menyedot perhatian adalah cantik klasiknya Rumah Sapeken yang tetap banyak di sini, di antara rumah-rumah tembok yang baru dibangun. Rumah Sapeken adalah rumah tradisional Kangean. Di salah satu gugusan Kepulauan Kangean ada juga pulau yang bernama Sapeken, tetapi entah apa hubungan nama rumah dengan pulau ini.

0 Response to "Wisata Alami Di Pulau Kangean"

Post a Comment